26 February 2012

TERIMA KASIH

sEORANG SAHABAT bilang kalo dalam budaya kita, amat jarang orang tua bilang terima kasih sama anaknya. Saya langsung keingetan kalo dalam dunia pendidikan, guru juga amat jarang bilang terima kasih pada murid-muridnya.

Kenapa nggak? Ya, kenapa nggak. Saya bahkan belum lama jadi guru, tapi ternyata anak-anak ini justru ngasih banyak pada saya, mungkin lebih banyak dari yang saya beri pada mereka.

(lalu pas lagi berpikir begini, si akang nyalain windows media player. ini jodoh namanya, karena ternyata yang diputar adalah harmoni dari padi)

aku mengenal dikau
telah cukup lama separuh usiaku
namun begitu banyak
pelajaran yang aku terima



Karena anak-anak ini, saya ngerti tentang what so called 'mencintai pekerjaan'. Bahasa kerennya: saya mengenali lentera jiwa saya. Selalu aja sempet kepikiran, apa tahun ajaran depan akan membosankan? Kayaknya semua dah 'diabisin' tahun ini. Tapi nggak, kok. Sudah 4 tahun ajaran berlalu, dan alhamduliLlah antusiasme ini belum pudar.

Ngeliat pas anak-anak ini ketawa, pas mereka muram, pas mereka nyontek, pas kening mereka kelipet-lipet, membuat saya menulis banyak catatan di blog ini. Padahal saya bukan penulis. Iya, anak-anak ini memang ilham.

Saya jadi sadar banyak hal, nyoba-nyoba mengevaluasi masa lalu, sambil berupaya mencari yang terbaik untuk anak-anak saya di rumah, dengan berkaca pada murid-murid di sekolah.

kau membuatku mengerti hidup ini
kita terlahir bagai selembar kertas putih
tinggal ku lukis dengan tinta pesan damai
dan terwujud harmoni

Dari dulu saya selalu ngerasa kalo saya tuh orang yang biasa-biasa saja. Gak cakep-cakep amat, gak berbakat banget, bukan yang tipe gaul abis, bukan yang super jenius, gak ruarrr biasa lah. Tapi anak-anak ini bilang kalo cara saya ngajar lumayan, dan kadang-kadang juga bisa asik.

Saya suka perasaan ketika saya disukai, karena saya merasa... oh, barangkali saya berbakat juga, barangkali saya bisa sedikit kreatif juga, barangkali saya bisa jadi hebat juga.
Dan saya jadi nyoba untuk jadi begitu.

segala kebaikan
takkan terhapus oleh kepahitan
ku lapangkan resah jiwa
karna ku percaya kan berujung indah

Belum lagi anak-anak ini gak pernah ngebiarin saya jadi 'tua', atau brenti puter otak. Mereka tau, mereka gak butuh kelas penuh ketegangan dengan guru yang gak rela mingser sesenti pun dari buku paket.

Jadi?

Jadi, terima kasih ya Allah, atas kesempatan jadi guru dan bertemu anak-anak ini. Mungkin saya gak selamanya jadi guru. Yah, siapa tahu. Tapi yang pasti saya gak akan pernah, gak akan pernah, nyesel atas empat tahun (dan tahun-tahun berikutnya) yang berharga ini.

Terima kasih ya, murid-muridku.

No comments:

Post a Comment