26 February 2012

GAMPANG JADI GURU?

Jadi guru itu gampang?

Kalau tanya saya sih, jelas jawabannya nggak. Kalo gampang, pasti saya menjalani profesi ini dengan mulus. Pasti ga ada metode yang ga berhasil. pasti motivasi dan prestasi anak-anak didik akan memuaskan. Pasti mereka bakal lengket dan dengar apa kata saya. Pasti harapan saya pada mereka akan tercapai.



Kenyataannya, jadi guru bener-bener ga gampang. Tapi itu kata saya. Menurut orang lain mungkin bakal berbeda. Misalnya, teman saya yang satu ini.

Pagi itu saya sudah rapi hendak berangkat ke sekolah, waktu ada telefon dari seorang teman.

"Ganggu ga, nih?"

Saya bilang nggak, karena memang sedang tidak ada jadwal ngajar. Rupanya dia minta pertimbangan saya. Mau sekolah lagi katanya. Untuk apa? Untuk jadi guru.

"Loh, emang suka ngajar?" kata saya heran.
"Wah, sekarang mah bukan waktunya mikir suka atau ga suka. Mikirnya kepepet."

Nah, itu kan jadi bukti, kalo jadi guru itu gampang buat sebagian orang. Apa susahnya berdiri di depan kelas, lalu cuap-cuap. Terus bikin soal, terus ngoreksi, terus ngasih nilai.



Kalo ga laku jadi ekonom atau akuntan, jadilah guru ekonomi-akuntansi. Ga bisa jadi scientist, ngajar IPA aja. Ga keterima kerja jadi programmer, jadi guru TIK aja. Jangan khawatir kalo punya gelar S.H. tapi ga keterima di firma hukum, karena selalu bisa kok jadi guru PKn.

Sekali lagi, jadi guru gampang! Tapi bukan kata saya.


Kembali pada teman tadi, saya coba membelokkan pikirannya pelan-pelan. Saya bilang, jadi guru itu pendidikannya lama, dan gajinya juga ga gede. Ngajar dari jam tujuh pagi sampai setengah enam sore setiap hari, dapetnya ya segitu aja. Kalo memang niatnya menambah penghasilan, kenapa ga dagang aja, misalnya. Atau buka usaha apa, gitu.

Dia biang, "Ga bakat dagang."

"Atau buka kursus bahasa aja. Kayaknya bahasa asing makin prospektif."

Dia malah jadi mikir, "Buka bimbel aja kali yah."

Waduh, kok bener-bener pragmatis nih, jadinya. Saya sendiri ga setuju sama bimbel yang dilembagakan macam sekolah kedua, makanya jadi rada-rada khawatir denger dia ngomong begitu.

"Nanti kalo aku buka (lembaga) bimbel, gabung ya, Jeng..."

Tuh kaaaan.... malahan diajak. Tapi toh masih lama, jadi saya ga janji apa-apa. Tapi kayaknya visi kami berdua rada jauh, jadi bakal susah kalopun mo kerja sama.



Saya menulis begini, bukan kepengen dibilang idealis loh ya. Saya
lama kok kerja di lembaga bimbel ketika jadi mahasiswa. Pertama ngajar tujuannya ya duit juga. Saya juga memang sarjana sastra 'bantet', alias yang ga 'menetas' jadi sastrawan, dan akhirnya jadi guru bahasa. Dan ngaku kok, emang demen banget pas lagi gajian.

Tapi lama-lama, jadi kerasa kalo jadi guru ga gampang. Kalo ga punya tujuan yang jelas, atau ga menikmati, atau sekedar kepepet karena ga ada kerjaan lain, jadi bahaya akibatnya. Yang jadi taruhan manusia loh, bukan benda mati.

Masalah dibayar mah, memang hak guru. Kewajibannya apa? Mengajar? Bukan, tapi berlaku PROFESIONAL, yakni melakukan tugas dengan berkualitas.

No comments:

Post a Comment