13 January 2014

KATA MEREKA TENTANG SEKOLAH

Di Facebook, saya bertanya pada siswa yang masih dan pernah saya ajar tentang hal-hal ini:

1. Kalo liburan, kamu kangen sekolah ga? Kenapa?
2. Apa guru2 di SMA Yapera membosankan, suka teriak, dan suka marah kalo ada siswa yang nanya di kelas?
3. Berapa banyak guru yang banyak senyum, ramah, suka bercanda, dan bikin kelas jadi menyenangkan?
4. Apakah kamu merasa kalo sekolah di SMA Yapera itu penyiksaan?


Jawaban mereka (maafkan atas segala kealayan yang terjadi ^_~V):

Kalo kangen pasti bu, apa lagi kalo liat anak" sekolah, jadi pengen sekolah lagi
guru yg membosankan ada tp lebih banyak yg menyenangkan
kalo penyiksaan ga banget 
 

1. haaa iyah ibu irma pengen masuk sekolah lagi walupun sering bikin ulah , enak aja ibu nama nya sekolah banyak temen terus banyak hal indah yang terjadi di kelas bersama teman dan guru, 2. hampir semua nya kalo sama murid alus kalo ngebilangin paling maksimal ya mereka mencoba untuk lebih tegas aja hee, malah saya kangen di cukur ka fahru , 3. hee guru di SMA an-nurmaniah seru kalo ngajar, 4. hemm engga ibu, penyiksaan dalam hal apa ? semua guru nya penuh dengan kasih sayang kok

kangenn bu...gurunya ramah semua ko..bu hawa guru matematika yg killer ajh kdng menyenangkan..apalagi bu erna..hehe...apalagi bu erna,,kl ngajar bikin kuis dan pasti ngasih penghrgaan atau hadiah untu klompk yg menang..ga da pnyiksaan ko bu...kpn bu bikin reuni akbar gtu...

1. kangen banget sama sekolah apalagi makanan dikantin hehe,, iy kngen bgt soalnya bnyk tmn n psti kumpul klo udh lulus ky gini susah buat kumpul2nya, walaupun kumpul jg psti ad aj yg gk ikut kurang kumplit, ayolah reoni. 2. guru di SMA membosankn sih psti ad. itu sih tinggal guru2nya aj yg kreatif bikin suasana ngajarnya seru. gk ad kok yg marah2 klo ditnya. 3. smuanya menyenangkan 4. gk menyiksa kok malahan seru. itu jawaban ku.. mn jawabanmu hehe

Sma yapera, guru guru yapera , trus apapun yg ada di sma yapera tu udah sepaket bu paketan bikin puas alumni alumninya , dan kalo masih bisa balik lagi saya juga mau bu hehe

1. Kangen banget pengen ketemu temen2 lagi,, entah kenapa, di waktu SMA itu saya semangat banget berangkat sekolah, ibu pasti tau gimana perjuangan saya ke sekolah,, haha semuaa karena saya punya temen2 yg baik dan asik ,, klw pulang kita jalan kaki bareng2.. haha jadi kangen..
2. em, buat saya guru kelas seni tu bu (yg setiap sabtu) semuanya asik2,, karena kita lebih sering praktek, jadi lebih seru.. guru2 dikelas juga seru seru si, tapi menurut saya belajar sambil praktek itu seru, kaya pelajaran komputer, Rohis, Bhs. Jepang, B.Indonesia (sering praktek @perpus).. walaupun ada beberapa guru yg GUALAK, membosankan dan menjenuhkan hihihihihi. haha guru yg banyak senyum sih, hampir semua bu,, tp yg senyum dari hati itu yg susah di tebak hahahaa kadang ada yang biasa aja, tapi membuat kelas jadi Happy.. Gak laaah,, buktinya saya selalu dateng ke sekolah, bagaimanapun itu caranya HaHaHaa.. SMA Saya yang sangat menyenangkan SMA An-Nurmaniyah
 
kalo menurut saya ya bu dr pertayaan yg pertama itu dibilang kangen sekolah kangen bgt . malah pengen bgt bu saya sekolah . soalnya sekolah itu tempat kita scharing berbagi curhat kadang tempat bermain . banyak hal yg gak pernah terlupakan yaitu waktu sekolah .
kalo pertayaan ibu yg ke dua . guru membosankan diyapera . alhamdulilah dr saya masuk hingga lulus guru guru ya tdk membosankan mlh justru kangenin.
ketiga : hampir rata rata guru yapera suka senyum dan sebelum beljar itu kadang malh kita suka ketawa ketawa dulu . sangat menyengkan
kalo penyikasaan itu gk bgt bu . malah adanya kasih sayang penuh suka bukan duka. hehh


 1. Kangen banget bu, kadang sampe punya pikiran mau bolos kerja cuma mau maen ke yapera
2. engga ada lah bu, beliau beliau semua nya baik, selalu mau ngebimbing siswa siswi nya, sampe siswa nya bener bener ngerti,
3. banyak banget guru yang bikin situasi kelas kaya bukan di dalem kelas, semua nya itu yang bikin kangen, walaupun kadang ada guru yang bikin bete,
4. yang pasti nya engga dong bu, kalo di yapera ga ada penyiksaan yang ada malah seneng seneng terus, udah kaya anak TK,
walaupun udah SMA.


Kangennnn bu kalo lagi liburan pengen cepet2 masuk sekolah lagi, guru SMA yapera asik2 semua bu, gada yg pernah sampe teriak-teriakan, malah kalo kata aku mah gurunya pada sabar2 bangetttt:* sekolah yapera menurut aku bukan tempat penyiksaan bu malah kalo kata aku mah ditempat itu aku bisa nemuin hal2 baru yg bermanfaat:* 

Bu saya hadir, tapi agak telat !
Hehehehe
Kalo masalah kangen banget, tuh udah pastilah kangen se kangen"nya !
Dari kawan"nya guru"nya sistem sekolahnya pokonya semuanya tuh asli bikin kangen ! Heheheheh .
Kalo masalah guru galak si yah, tergantung anaknya juga sih ya gimana disekolahnya hehehe kalo saya kan agak baik anaknya jadi yaa ada beberapa guru lah yg menurut saya galak !
Hehehehe
Kalo masalah ngbosenin sih yaaa, gak sama sekali ! Malah saya nyesel bu cuma ngerasain 2 tahunan disekolah , haha.
Wahh kalo masalah penyiksaan si, penyiksaan banget bu kenapa saya harus di keluarin dari sekolah padahal masih kepngen sekolah !
Yaaa pokoknya semua yg ada di sma yapera dari yg namanya kantin, satpam, guru"nya serta bangku kelasnya bikin kangen bgt, apalagi sama semua angkatan saya
Hehehe sekian persentasi dari saya, kalo ada yg salah" kata atau perbuatan tolong dimaafkan, wabilahitaufiq walhidayahh wasallamualikum warahmatullahi wabaraktuh


 great buat yapera, asal jangan angkuh ketika menjadi salah satu bagian darinya, sering saya lihat karakter karakter yang sombong tapi bukan saatnya saya mengkritik mereka karena, itu adalah sebagian ciri khas dari mereka, Mungkin!...kalo yang menyenangkan banyak, kalo ngebanyol juga pas.. jadi bisa refresh otak dari suntuknya belajar. tapi yang jadi patokan saya adalah Hukum Alam masih berlaku, tentang apa saja yang kita lakukan pasti dikemudian hari kita akan disadarkan .
sekian dari saya, jadi curhat kan

kangen banget bu klo lagi libur pengennya cepet2 masuk sekolah lagi , klo menurut aku guru SMA asik2 semua ko bu .. gak ada yang pernah marah ko bu klo ada yang nanya malah guru2nya pada sabar2 semua, hampir semua guru pada ramah & suka bercanda ,, sekolah yapera menurut aku sih bukan tempat penyiksaan bu malah di yapera aku nemuin banyak hal2 yang menarik & bermanfaat
  
1.kangenn banget bu,kangeen curhat bareng , kangen makan di kantin bareng bareng , kangen kegiatan"an sekolah ..
2.ga ada yg ngebosenin bu .. guru guru di SMA punya cara trik ngajar ..
3.semuanya nyenengin .. bisa tuker pikiran , bisa kya sahabat pokonya plus plus bgt
4.bukan menyiksa tpi menyisakan byk kenangan .. imell punya temen dari sekolah luar yg waktu itu sempet isi acara di SMA yaperaa dy bilang "keren ya sekolah lu,walaupun murid ga smpe 100 tpi bisa buat acara kya gini" bangga bgt sama SMA An-Nurmaniyahh
Makasih buat bu irma dan guru guru yg lain .. buat bantuan yg kalian berikan sama imell


 jujur sih ada rasa kangen kalo liburan panjang sekolah, kangen maen sama belajar dikelas, kangenn guru gurunya, kangen suasana koridor sekolah. menurut sayay di sma yapera itu guru gurunya ga ada yang membosankan, mungkin kalo beberapa pelajaran ada pasti yang membosankan hehehe. setiap guru pasti punya sisis galaknya, tapi itu galak berarti tegas, buak galak karna ga senang sama siswanya, cuman porsi sisi tegas sama sisi menyenangkanya itu seimbang, jadinya bikin susasana mengajar itu ga terlalu monoton. mungkin pas saya waktu kls 1 masih kerasa galau karna yah faktor muridnya yang sedikit hehehe tapi lama kelamaan mulai tau sisi positive dari keterbatasan itu, kita jadi gampang saling kenal, guru gurunya lebih kenal karakter murid muridnya, dan kebersamaanya kuat. jadi ga ada perasaan sekolah di sma yapera itu penyiksaan

walaupun saya belum jadi alumni tapi, masa liburan 2minggu cukup untuk membuat hati merasa rindu akan sekolah, rindu dengan teman-teman, guru-guru, serta suasana sekolah. menurut saya gurunya ramah, baik, dan suka bikin kelas ramai ya walaupun bercandanya terkadang agak garing tapi , dengan cara itu membuat cara agar kita tidak merasakan bahwa belajar dan diajar bukanlah suatu beban kehidupan  
tidak pernah marah, malah mereka terlihat senang melihat kita aktif bertanya,
menurut saya hampir seluruhnya ramah,dan baik. tak pernah ngerasa tersiksa dan tak pernah melihat adanya penyiksaan yang ada malah kegembiraan ada tugas pun masih dalam batas yang wajar kok bu
 

Menurut sy pribadi sekolahan SMA yapera itu beda banget sama sekolahan yg lain terutama sama sekolahan sy dulu sebelum pindah ke yapera.
yapera good bgt dari peraturannya gurunya cara belajarnya meberikan ilmu"nya itu sangat bagus apalagi ada yg namanya pengembangan diri ataw rohis.
makasih banget guru" rohis sy yg telah bantu sy belajar ngaji yg tadinya gak bisa banget krna kesabaran guru" bantu sy belajar sy alhamdulilah jadi bisa... walaupun sy sudah berkeluarga terkadang sy merindukan jaman" sy Sekolah di yapera banyak sekali masukan ilmunya bnyak sekali teman" canda tawa bersama.


 Klu sekarang kangen banget, klu masih sekolah dulu sekalinya kangen sama sekolah langsung tancap gas, main keasrama atw ruang osis, klu kangen temen tinggal sms ajak main, klu sama guru, ajak rombongan bawa rujak kerumah bpk ibu gurunya , Klau guru marah2 karna banyak nanya gak ada tuh bu, soalnya yg mw nanya juga bingung mw nanya apa, terus klu bingung kebanyakan sih pada pasrah dan lebih milih diem dipojok sambil smssan hehehehe (buat yg merasa ;D )
Guru yg banyak senyum dan bikin suasana seneng dikelas, semua guru yg masuk dan keluar kelas setiap hari senyum bu . Heheh mungkin ada juga yg senyum sambil geleng2 kepala, ada yg sambil gosok2 kuping, heheheh kelas selalu rame, mw jam pelajaran istirahat, sepi pas ulangan doang selesai rame lgy, . Sabaarr banget ibu bapak guru yg ngajar dikelas.
Penyiksaan diyapera, itu pas ulangan, apalagi pas pelajaran produktif, (angkattangan) hehehe,
3thn disma yapera itu,3 kata: seru, berkesan dan tak terlupakan. (^_^)

Ini sampel aja, dan ga pake metode ilmiah sama sekali, tapi bisa disimpulkan bahwa bagi anak-anak ini:
1. Mereka tidak benci sekolah. Sekolah bukan tempat penyiksaan, misalnya karena guru represif, tugas bejibun atau penuh suasana kompetisi.
2. Memang ada guru yang membosankan atau galak, tapi mayoritas guru menyenangkan, ramah, sabar, suka bercanda. 

Sekolah macam apakah SMA Yapera? 

Sekolah kami berada di Ciledug, Tangerang. Sekolah swasta kebanyakan, bukan plus, bukan terpadu, bukan sekolah alam, bukan SSN.
Jumlah siswanya sekitar 140 siswa saja. Bukan sengaja dibatasi, yang mendaftar memang cuma segitu ^_^. Tingkat ekonomi siswa menengah ke bawah.
SPP 190.000 perbulan, yang tidak mencukupi untuk biaya operasional hingga harus disubsidi cukup besar setiap bulan oleh Yayasan.
Sekolah dari jam 7 hingga 12.20, bukan fullday. Satu pekan ada 41 jam pelajaran, masih ada upacara tiap Senin pagi, dan tidak ada program lain di luar jam pelajaran (misalnya solat duha dan tilawah sebelum belajar).
Kurikulum masih KTSP sampai tahun ini. 
Guru mayoritas lulusan S1, 1-2 orang saja lulusan PTN, 1 orang mengikuti kuliah S2 (tapi bukan saya, hehehe), tidak aktif dalam organisasi guru, belum pernah ikut dalam lomba atau konferensi guru di tingkat apapun.
Tidak punya guru BK, apalagi konsultan sekolah.
Tidak punya lab komputer dan IPA sendiri (menumpang), tidak ada lab bahasa.

Dengan profil sekolah di atas, pertanyaannya adalah, apakah proses pendidikan di sekolah kami sudah sesuai SNP dari pemerintah? Belum, masih jauuuuh dari situ. Apa kami meluluskan alumni yang punya kompetensi sesuai SKL? Mungkin tidak. Tapi apa siswa kami bahagia? Saya melihat kemungkinan itu.

Sekolah adalah meeting point bagi anak-anak. Jadi mudah saja bagi anak-anak untuk tetap datang ke sekolah meski tidak suka sekolah, yakni untuk sosialisasi, hang out dengan teman. Namun selain kenangan dengan teman, tampaknya siswa dan alumni juga menuliskan poin tentang kedekatan dengan guru, juga sistem dan program sekolah. Jadi yang mereka maksud dengan menyenangkan bukan semata soal bertemu teman.

Apa yang coba saya katakan di sini? Jadi menurut saya, sekolah yang menyenangkan tidak harus karena label sekolah favorit, fasilitas lengkap dan guru level 'dewa'. Kadang sekolah kampung biasa saja bisa membuat anak merasa senang sekolah.

No comments:

Post a Comment