21 October 2011

HASEEEEEK....

Hadeeeeh....

Bikin soal mah enak. Diapain nih biar ngerjainnya seru ya.... Di tambah gambar apa ya.... Gimana caranya biar anak-anak tetep mikir meskipun ujiannya boleh open book ya.... Pokoknya asiklah.

Pas ngoreksinya, huwaaaaa.... Mana essay semua. Mana anak-anak nulisnya kadang geje alias ga kebaca. Mana ada 5 kelas dikali sekian anak.

Eh guru di sebelah saya langsung interupsi, "Lha saya 11 kelas!" Ish, merusak suasana ajah =_=', orang lagi enak-enak mengeluh seakan diri ini guru paling menderita sedunia.

Tapi ada aja sih yang menghibur hati di kala meneliti keritingnya hiragana satu per satu. Misalnya, ya ampuuuun, ga tega banget kan ngasih angka 16 di atas kertas ujian (padahal ujiannya open book!). Atau ada juga yang di kelas 'ga keliatan' taunya dapet lebih bagus dari yang banyak omong.

Tiba-tiba.... Waks, apaan nih?



Huhuhuhu.... ada anak kelas X yang menjawab pertanyaan PAKE KANJI (please ya, bukan nama tepung).

Masalah pertama, saya belum ngajarin. Yang kedua, dan ini paling parah, SAYA GA BISA KANJI! Ng... ini bacanya... Kyou wa? Asa wa? Ima wa? Apa ya.... @~@

Apa saya salahin aja, secara ga sesuai dengan materi yang saya beri. Tapi kayaknya ga boleh deh kayak gitu. Itu namanya ga menghargai usaha murid. Lagian, mana boleh saya sok tau di luar my area of experties *tsaaah...*.

Oh ya, kalau sedang iseng, saya suka ngasih pertanyaan tambahan, yang ga masuk penilaian. Jadi cuma buat seru-seruan aja. Kali ini saya masukkan di soal kelas XI, bunyinya: "Hal apa yang paling menyebalkan dari pelajaran Bahasa Jepang?"

Senang sekali mendapati jawaban jujur mereka: Susah menghapal hiragana, ga suka disuruh maju buat ambil nilai percakapan, kadang suka bosen, ribet kalo suruh menyalin teks ke hiragana, dll.



Tapi yang satu ini bikin saya ketawa:

"Biasa-biasa bae. Tapi kalo lama kaga belajar Bahasa Jepang jadi lupa."

Hahahaha, haseeeek....

(bagi yang belum tau, logat tersebut dipakai oleh masyarakat Betawi di Ciledug dan sekitarnya, yang berbeda sekali dengan yang dipakai di kampung saya di Kebayoran Lama, padahal hanya berjarak 30 menit naik angkot)

No comments:

Post a Comment