07 August 2013

MY TWEETS ON #SERAGAM (1)

  1. Pake itu asik ga? Saya sih ga gitu suka. Sekarang dikasih seragam upacara 1 stel, batik 1 stel, cukup.
  2. Kata Dr. Seuss, "Why fit in when you're born to stand out." Kalo pake , saya ga bisa stand out, alias 'ga keliatan'.get dah, jangan nambah!
  3. Tapi ada juga yang suka rela pake . Misalnya, janjian beli baju samaan bareng temen se-geng. Atau rame2 bikin jaket angkatan.
  4. Idealnya itu dipake bukan karena disuruh, tapi karena kepengen aja kompakan. Asalnya hati yang kompak, jadi pengen luarnya juga.
  5. jadi asik dipake kl kita bangga dg apa yg diwakili olehnya. Kalo ga bangga sama sekolahnya, mana bisa bangga pake seragamnya.
  6. Dan tentu saja, biar asik dipake, harus keren, ga pasaran, bisa customized dg ciri khas msg2 org >> Lah ini yg susah diwujudkan 
  7. Nah itu dia, yang namanya sebagai identitas kelompok, bukan sebagai 'penjajahan' ^_~v
  8. Guru2 piket sering ngejar anak2 yang ga pake atribut wajib. Kesian guru piketnya, kesian anaknya. Siapa yang salah? Ya sekolahnya ^_^;
  9. Kenapa sekolahnya yang 'salah'? Krn blm bisa bikin anak bangga pake atribut sekolah sendiri. Tapi emang atributnya jg kurang keren kali
  10. Terus ada yang bilang, nunggu kompak mah lama. Seragamin dulu, nanti kompaknya ikut muncul.
  11. Pake sama semua, jadi gada persaingan, ga ada pamer, ga ada gap2an antar kelas. Lebur jadi satu, merdeka! >> bener ga kira2?
  12. Ada siswa yg pernah nulis ttg di kelas saya. Menurutnya, biar diseragamin, kalo mo pamer kekayaan mah selalu ada jalannya.
  13. Biar udah diseragamin, ga berarti gap2an antar kelas jadi hilang. Karena masalahnya bukan soal atau ngga, tapi budaya sekolah.
  14. Gimana sekolah bikin sistem & program biar lingkungan jadi egaliter, kompak. Bukan cuma ngurusin yang luar2 kayak .
  15. Di sekolah kami, setiap pekan ada 5 jam pelajaran di mana semua anak dari kelas X, XI, XII digabung dalam kelompok2 kecil.
  16. Selain keg osis & eskul, ada acara2 tradisi yg menggabungkan seluruh siswa antar angkatan (teater kolosal, sma fair, mabit, fieldtrip)
  17. Di kelas PD (di sekolah lain disebut BP), kami ada materi khusus tentang hadist 'menghormati yang tua menyayangi yang muda'.
  18. Itu usaha membentuk budaya egaliter untuk menghilangkan gap2 yg ada. Mudah2an jadi penyeimbang peraturan yang masih kami pakai.

No comments:

Post a Comment