29 January 2012

KOWAWA! ^o^

Ga ada hubungannya dengan apa yang lagi ngetrend di twitter atau kaskus, karena saya kepingin cerita tentang pertemuan dengan salah satu alumni yang pernah saya ajar.

Tadi siang anak-anak minta main di playground CBD Ciledug. kami berangkat tanpa suami karena sedang dinas ke luar kota. Pulangnya lapar, tapi saya malas masak, seperti biasa ^_^;. Jadi kami mapir ke restoran siap saji A&W.

Salah seorang waiter menyapa, yang ternyata adalah alumni yang pernah saya ajar. Tentu saja saya hapal padanya, syukurlah saya mengajar di sekolah kecil. Jadi semua alumni saya kenal, insya Allah. Kami ngobrol sebentar, eh pulangnya dibekeli waffle dan es krim. Alhamdulillah.... Tapi saya rada sungkan nih makan di sini lagi, khawatir dibekelin, hihihihi...

Lulusan sekolah kami memang hanya 3-4 orang yang melanjutkan kuliah. Yang lain bekerja, dan paling banyak menjadi SPG/waiter. Yah, meski ada juga yang jadi cabin crew, tapi kan sebenernya waiter juga, cuma di airlines ^_^.

Tapi saya bangga pada mereka. Harapan saya pada mereka bukanlah kuliah, tapi mandiri. Kenapa mandiri yang paling awal? Karena saya tau sekali kondisi ekonomi keluarga mereka. Jadi kalau ada yang dapat pekerjaan sebagai kuli cuci-setrika atau office boy, saya sarankan untuk diambil.

Setelah itu barulah mengembangkan diri. Ya siapa sih yang mau jadi pesuruh selamanya. Cara mengembangkan diri ini banyak, kuliah, kursus, atau otodidak, yang penting tak berhenti meningkatkan kualitas diri, a.k.a belajar.

Tapi memang harapan ini meninggalkan rasa sedih dan penyesalan di hati. Pasalnya, saya merasa anak-anak ini tak cukup dibekali ketika di sekolah. Dijejali pelajaran segitu banyaknya, tapi hampir tidak mendapat bekal untuk mandiri dan tidak diarahkan jadi pecinta belajar.

Ketika saya ceritakan pertemuan ini dengan beberapa teman, mereka mendokan, "Semoga jadi manager."

Saya mengaminkan sepenuh hati, sambil merasa cemas, apakah dia sudah punya kemampuan mengembangkan diri hingga level manager. Ah, mudah-mudahan saja.

Yang pasti saya sendiri ikut dengan beberapa teman lain yang ikut menyemangati, "Kowawaaaa!!!" (^o^)/

No comments:

Post a Comment