1. Hanya menerima siswa yang sedang/pernah saya ajar.
Memperhatikan (diam-diam) siswa sendiri aja udah kebanyakan. Biar sedikit asal berarti, ceileh...
2. Menyeleksi siapa saja yang bisa melihat status/notes/link tertentu yang saya buat
Hohow... masa' gurunya sama aja naifnya dengan siswa. Rada bijak dikit gitulah, hehehe, gaya.
3. Hanya berkomentar di status/foto yang tidak provokatif.
Padahal banyak banget status yang provokatif. Ada yang nyumpahin orang lain sebagai cewe murahan, ada yang bilang tuhan sudah mati, ada yang nulis status: kesel banget denger orang jum'atan, ada yang cinta-cintaan sampe malu saya bacanya, wah macem-macem deh.
Kalo kata-kata semacam anjing, babi, tai, dan sejenisnya mah udah biasa. Ada yang lepas jilbab kalo di rumah (padahal sekolah juga ga ngewajibin). Foto yang 'nyeremin' juga ada, meski ga banyak.
4. Kalau ada status/foto yang bikin saya gatel kepingin komentar, maka itu berarti sebaiknya saya TIDAK berkomentar
Kaya' bahasanya anak jaman sekarang: cukup tau aja. Meskipun statusnya kadang bikin guru/orang tua mengurut dada prihatin.
5. Tidak mengungkit apa yang dilihat di Facebook ketika berada di sekolah
Terutama jangan sampai membawa nama atau kasus secara spesifik. Wewenang saya hanya sampai pagar sekolah.
6. Berkoordinasi dengan wakasek bidang kesiswaan, wali kelas, dan pembina osis untuk melakukan follow-up lewat program kerohanian, kelas seni & keterampilan, kelas pengembangan diri, dan konseling berkelanjutan.
Ga perlu ribut-ribut, ga perlu menyalahkan siswa karena toh mereka hasil didikan kita. Jadi lompati aja hal-hal yang ga ada gunanya, dan langsung mengusahakan solusi pembinaannya. Hop.
No comments:
Post a Comment