05 June 2016

JANGAN MINDER

Pernah di sebuah acara diskusi, saya terkagum2 melihat seorang guru memaparkan pendapatnya mengenai bagaimana seharusnya guru menjadi fasilitator belajar siswa. Saya colek teman sebelah saya, yang kebetulan mengajar satu sekolah dengan guru tadi, "Pasti temenmu keren banget ngajarnya!"

Temen saya berpikir sejenak sebelum menjawab sambil nyengir, "Mmm.... Gatau deh. Muridku banyak yang komplen sih soal cara ngajarnya. Kaku, suka maksa, ga mau ngerti kondisi siswa."

Eh?

Jadi inget pada temen guru yang suka cerita tentang metodenya. Hadeh bikin saya minder pokoknya. Tapi suatu saat saya mendengar keluhan siswa2 tentang bagaimana guru ini sering ngambek di kelas.

Nah jangan2 saya sendiri begitu. Update status dan posting foto kayak orang bener, siapa yang jamin itu semua asli? Kalau mau tau yang sebenarnya, harus tanya anak saya, murid2 saya, orang yang pernah terlibat konflik dengan saya. Nah baru bisa tau siapa saya sebenarnya.

Kalo ada temen yang memuji -entah tulus atau basa basi- biasanya saya tanggepin sih. Tapi jangan khawatir, itu cuma becanda. Akyu ga percaya kok pujian kamyu. Karena kamyu ga kenal akyu . Kalau beneran kenal, mungkin ga jadi muji deh 😁

Begitulah, ga semua yang terlihat hebat ternyata beneran hebat. Seperti juga banyak yang kayaknya biasa2 aja justru membawa dampak. Memang ga boleh yah menghakimi sebelum kenal bener2. Jadi ya netral aja lah kalo ketemu orang baru, jangan sombong, jangan juga minder.

No comments:

Post a Comment