05 June 2016

HARI TERAKHIR



Kemarin adalah hari terakhir saya mengajar Kelas XII IPA dan IPS ‪#‎SMAYapera‬. Di akhir jam pelajaran, saya menyampaikan apresiasi sedalam2nya pada semua siswa atas antusiasme dan semangat mereka yang tak pernah turun selama setahun ini.

Sungguh saya bersyukur bisa jadi guru ‪#‎BahasaIndonesia‬. Saya ada di sana ketika anak2 ini menyelami keindahan bahasa, menyaksikan perkembangan cara berpikir mereka ketika memberi opini dan berdiskusi, melihat perjalanan hidup mereka ketika mereka membuat curriculum vitae, dan berbagi keresahan lewat artikel dan wacana yang kami baca bersama.

Menjadi guru Bahasa Indonesia bagi saya berarti membuka sebagian hidup saya kepada siswa. Mereka membaca puisi2 yang paling saya suka, menelaah novel2 yang jadi inspirasi bagi saya, dan menonton film2 yang paling membuat saya terkesan. Pengalaman pribadi saya sebagai penulis, juga sebagai anggota klub debat, juga ikut dirasakan anak2 ini.

Di kelas, saya selalu bicara tentang minat dan passion. And I do walk the talk. Mudah2an mereka bisa merasakan apa yang membara di dada ini ketika menyusun program dan beraktifitas bersama mereka.

Anak2 ini sungguh mudah untuk diajar. Anak2 IPS yang ekspresif, semoga hingga nanti mereka tetap punya spontanitas seperti sekarang. Dunia akan memerlukan orang2 dengan pikiran merdeka seperti mereka. Anak2 IPA yang kompetitif, semoga hingga nanti mereka tetap punya tekad seperti sekarang. Dunia akan membutuhkan pekerja keras seperti mereka.

Saya benar2 bersyukur karena hal2 tersebut bisa saya alami. Karena itu saya sungguh2, sungguh2, merasa terhormat atas 1 tahun yang berharga ini bersama siswa kelas XII IPA dan IPS SMA Yapera.

‪#‎mewek‬ 😭😭


No comments:

Post a Comment