16 October 2015

BELAJAR BAHASA ASING: ENGLISH

Suatu kali pas lagi ngoceh2 sotoy di depan kelas, saya tanya ke anak kelas XII Science apa pelajaran yang paling sulit bagi mereka.

Tak disangka, jawaban mayoritas ternyata bukan matematika, tapi Bahasa Inggris. Saya tanya di kelas XII Social, eh jawabannya sama.

Kalau pernah lihat naskah soal ujian Bahasa Indonesia di UN SMA, yah mirip2 koran gitu deh. Penuh sama wacana panjang2. Jadi untuk mengerjakannya, siswa perlu 'tahan membaca'. Nah naskah soal Bahasa Inggris ga jauh beda. Tapi selain 'tahan membaca' itu tadi, ada tambahan kudu hapal banyak vocab.

Imho, belajar Bahasa Jerman tuh susah. Belajar Bahasa Jepang juga susah. Nah kalo Bahasa Inggris atau Arab kayaknya lebih gampang, karena 2 bahasa itu banyak 'kelihatan' di sekitar kita.

Bahasa Inggris saya mulai lumayan ketika saya mulai nonton Kdrama dengan subtitle Inggris. Terus kalo nonton Kdrama, follow up activity-nya biasanya mampir2 ke dramabeans atau soompi kan yah. Udah sih, dari situ ajah.

Tau2 kalimat dalam bahasa Inggris bermunculan sendiri di kepala, dan biarpun masih pletat pletot ya pede ajalah dijadiin status. Itung2 latihan.

Kayaknya sih karena sering berinteraksi dengan Bahasa Inggris, awalnya cuma sekedar paham2 aja, tapi terus akhirnya ada dorongan buat berekspresi dalam bahasa itu. Masih tahap tulisan, nanti2 kali aja ada dorongan buat casciscus ngobrol, aamiiin
...

Nah kalo saya kan mulainya dari Kdrama. Yakali murid2 saya bisa mulai dari apa gitu yang mereka suka. Tutorial game atau lirik lagu atau apalah apalah. Kalo interaksinya cukup kayaknya ga susah deh bikin bahasa asing supaya 'keluar'.

No comments:

Post a Comment