13 March 2014

LINTASAN PIKIRAN TERKAIT K13

Salah satu hal yang saya khawatirkan tentang pendidikan di Indonesia sebenarnya adalah durasi belajar formal yang terlalu panjang setiap harinya. Karena ada UN, kebanyakan siswa harus menambah jam belajar di lembaga bimbingan belajar.

Sekarang durasi belajar akan bertambah lagi. Kurikulum 2013 menghendaki penambahan 4-6 jampel/minggu untuk SMA dan 8-12 jampel/minggu untuk SMK. Jadi semua sekolah akan jadi fullday, jam 7 pagi sampai minimal 15 sore. Delapan jam, persis orang kantoran. Kalau ditambah lagi dengan bimbel persiapan ujian, jam berapa sampai di rumah?

Dengan durasi selama itu, siswa akan makin terpisah dari dunia nyata dan menyebabkan hal-hal yang harus dia jalani/kuasai di dunia nyata jadi hilang.

Bagi saya sendiri, anak harus menguasai hal-hal 'remeh' seperti mengerjakan pekerjaan rumah tangga (masak-cuci-beberes), kursus minat/hobi, ikut kegiatan lingkungan seperti arisan keluarga besar dan panitia tujuhbelasan, atau sekedar nonton bioskop dengan orangtua. Itu dunia nyata, yang akan membuat anak-anak menjadi pribadi yang mandiri, bahagia, dan memiliki kecakapan sosial yang baik.

Jika durasi sekolah terlalu lama, apa yang akan dilakukan anak di rumah. Ya, nonton tv atau main game. Itu saja. Mana tega orang tua menyuruh mereka cuci sepatu sendiri?


Kurikulum 2013 mengurangi mata pelajaran, katanya.

Apa yang dikurangi? Pengembangan Diri, TIK (komputer), dan Muatan Lokal dihapus, Bahasa Inggris di jurusan IPA/IPS hanya 2 jam (~> maksut looo? =_=').

Pengembangan Diri dan TIK diintegrasi ke semua mata pelajaran. Muatan Lokal diintegrasi ke mapel Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, dan Kewirausahaan (~> lah, di sma mah ini mapel baru =_='). Dan pramuka wajib.

Bila waktu belajar di sekolah diperpanjang, dalam pikiran saya seharusnya agama, pengembangan diri, seni, olahraga, keterampilan, yang justru ditambah. Yang terjadi malah anak jurusan IPA sekarang dapat 8 jam pelajaran matematika.

Baiklah, diintegrasi. Saya tidak ingin apatis atau pesimis. Jadi mari katakan saja bahwa mengintegrasikan Pengembangan Diri dan TIK ke mata pelajaran perlu kerja keras dari guru dan sekolah. Mohon doa untuk keselamatan kami ^_~

KERINGETAN

Hari Senin lalu saya bener-bener keringetan. Rempong bawa-bawa soundsystem (di sekolah kami, multimedia tidak tersedia di kelas), laptop, kotak prakarya, dan portofolio siswa segede kardus indomie. Pas nyalain sound system, eh ga bisa. Ambil laptop lain dari kantor, tetep ga bisa.

Turun ke unit SMP, gada sound system yang portable. Melesat ke unit SMK, minjem sound system sekalian sama teknisinya dibawa-bawa ke kelas, tetap gagal juga memutar video ini. Maaf yah....

Padahal untuk pertemuan kali ini dengan kelas XII, saya sudah mempersiapkan sejak minggu lalu. Istimewa, karena ini pertemuan terakhir dengan XII untuk mata pelajaran yang saya ampu. Saya mempersiapkan lagu, menggandakan teksnya, mencetak foto saya bersama siswa untuk semua anak, dan membawa buku kenangan saya ketika hampir lulus kelas XII.

Karena videonya gagal diputar, saya tag kalian anak kelas XII di status ini yah, sekalian dengan teks lagunya. Terima kasih untuk 3 tahun yang menyenangkan ini. Seterusnya, hiduplah dengan baik. Sayonara, daisuki na hito..... 




####
さよなら 大好きな人
SAYONARA DAISUKI NA HITO

さよなら 大好きな人
Sayonara daisuki na hito
さよなら 大好きな人
Sayonara daisuki na hito
まだ 大好きな人
Mada daisuki na hito

Sayonara, orang yang paling aku suka
Sayonara, orang yang paling aku suka
Kamu masih jadi orang yang paling aku suka

くやしいよ とても
Kuyashii yo totemo
悲しいよ とても
Kanashii yo totemo
もう かえってこない
Mou kaettekonai
それでも私の 大好きな人
Sore demo watashi no daisuki na hito

Memang jadinya nyebelin banget
Memang jadinya sedih banget
Karena kamu ga akan kembali lagi
Tapi tetap, kamu orang yang paling aku suka

何もかも忘れられない
Nanimo kamo wasurerarenai
何もかも捨てきれない
Nanimo kamo sutekirenai
こんな自分がみじめで
Konna jibun ga mijimede
弱くてかわいそうで大きらい
Yowakute kawaisou de daikirai

Aku ga bisa lupa semuanya
Aku ga bisa buang semuanya
Aku beneran ga suka jadi orang
yang sedih dan lemah kayak gini

さよなら 大好きな人
Sayonara daisuki na hito
さよなら 大好きな人
Sayonara daisuki na hito
ずっと 大好きな人
Zutto daisuki na hito
ずっとずっと 大好きな人
Zutto zutto daisuki na hito

Sayonara, orang yang paling aku suka
Sayonara, orang yang paling aku suka.
Kamu akan tetap jadi orang yang paling aku suka
Selalu, seterusnya, jadi orang yang paling aku suka

泣かないよ 今は
Nakanai yo ima wa
泣かないで 今は
Nakanaide ima wa
心 はなれていく
Kokoro hanareteiku
それでも私の 大好きな人
Soredemo watashi no daisuki na hito

Aku ga mau nangis sekarang
Kamu juga jangan nangis sekarang
Meski hati kita nantinya akan terpisah jauh
Tapi tetap, kamu orang yang paling aku suka

最後だと言いきかせて
Saigo da to iikikasete
最後まで言いきかせて
Saigo made iikikasete
涙よ 止まれ
Namida yo tomare
さいごに笑顔を
Saigo ni egao wo
覚えておくため

Oboete oku tame
Aku bilang, inilah akhirnya
Terus bilang begitu sampai akhir
Air mata, berhenti dong
Supaya yang terakhir akan kamu ingat
Adalah senyumku

さよなら 大好きな人
Sayonara daisuki na hito
さよなら 大好きな人
Sayonara daisuki na hito
ずっと 大好きな人
Zutto daisuki na hito
ずっとずっと 大好きな人
Zutto zutto daisuki na hito


ずっとずっとずっと 大好きな人
Zutto zutto zutto daisuki na hito

Sayonara, orang yang paling aku suka
Sayonara, orang yang paling aku suka.
Kamu akan tetap jadi orang yang paling aku suka
Selalu, seterusnya, jadi orang yang paling aku suka

Selalu, seterusnya, jadi orang yang paling aku suka

GA ADA YANG BENER


Photo: "Ibu, ini akaasan apa okaasan? Masalahnya gak ada yang bener."

Yah, guru juga manusia, Nak :D

Soal UTS dan UAS di sekolah kami diperiksa Wakakur dan mengalami beberapa revisi sebelum diberi ke siswa, kecuali soal yang saya buat ^_^. Perasaan sudah saya review sebelum diserahkan,tapi ada saja yang terlewat. 

Ket: Pilihan D itu salah di hiragana pertama, dan kelebihan hiragana A di tengah. Jadi benar kata siswa saya, ga ada pilihan yang benar."Ibu, ini akaasan apa okaasan? Masalahnya gak ada yang bener." Dan yang protes di lembar ujian bukan cuma satu, tapi banyak, hehehe....

Yah, guru juga manusia, Nak.

Soal UTS dan UAS di sekolah kami diperiksa Wakakur dan mengalami beberapa revisi sebelum diberi ke siswa, kecuali soal yang saya buat . Perasaan sudah saya review sebelum diserahkan,tapi ada saja yang terlewat.

Ket: Pilihan D itu salah di hiragana pertama, dan kelebihan hiragana A di tengah. Jadi benar kata siswa saya, ga ada pilihan yang benar.